Bab 4 Isu Sosial dan Etika dalam Sistem Informasi
Bab
4 Isu Sosial dan Etika dalam Sistem Informasi
Lima dimensi moral era informasi
1.
Hak dan kewajiban
2.
Kepemilikan hak dan kewajiban
3.
Akuntabilitas dan pengendalian
4.
Kualitas sistem
5.
Kualitas hidup
Konsep dasar : Tanggung jawab,
Akuntabilitas dan Liabilitas
Ø Tanggung
jawab (responsibility) : Sebuah elemen penting dari tindakan etika
Ø Akuntabilitas
(accountability) : ciri-ciri sistem dan intuisi sosial
Ø Liabilitis
(liability) : ciri-ciri sistem politis dimana suatu badan hukum mengambil
peranan yang memberi izin kepada individu untuk memperbaiki kerugian yang
disebabkan oleh pelaku, sistem atau organisasi lain
Ø Proses
wajib (due process) : ciri yang terkait dari masyarakat hukum dan merupakan
sebuah proses dimana hukum diketahui dan dipahami dengan baik dan ada kemampuan
untuk naik banding ke pihak yang memiliki wewenang yang lebih tinggi untuk
memastikan bahwa hukum ditegakkan.
Analisis Etika :
1.
Identifikasi dan jelaskan faktanya
dengan jelas
2.
Definisikan konflik atau dilemanya dan
identifikasi nilai-nilai luhur yang terlibat
3.
Identifikasi pihak-pihak yang
berkepentingannya
4.
Identifikasi pilihan yang dapat anda
ambil dengan beralasan
5.
Identifikasi potensi konsekuensi dari
pilihan anda
Prinsip Etika Kandidat :
1.
Perlakuan orang lain seperti apa anda
harapkan orang lain perlakukan anda
2.
Jika sebuah tindakan tidak baik untuk
dilakukan oleh semua orang, tindakan itu tidak baik untuk dilakukan oleh siapa
pun juga
3.
Jika sebuah tindakan tidak dapat
dilakukan berulang-ulang, tindakan ini tidak tepat untuk diambil
4.
Ambil tindakan yang dapat mencapai
sebuah nilai yang lebih besar atau luhur
5.
Ambil sebuah tindakan yang menghasilkan
potensi bahaya atau biaya yang paling sedikit
6.
Asumsikan bawha sebenarnya semua objek
nyata dan tidak nyata dimiliki oleh seseorang kecuali jika ada pernyataan
khusus yang lain
Hak Informasi
-
Privasi (privacy) adalah klaim individu
untuk dibiarkan sendiri, bebas dari pengawasan atau intervensi dari individu
atau organisasi lain, termasuk negara.
-
Fair Information Practices (FIP) adalah
sekumpulan prinsip yang mengatur pengumpulan dan penggunaan menguntungkan
antara yang menyimpan catatan dengan orang-orang yang informasinya disimpan.
Hak kekayaan : Kekayaan Intelektual
1.
Rahasia dagang
Produk
karya intelektual apapun – rumus, perangkat, pola atau kompilasi data – yang
digunakan untuk sebuah tujuan bisnis dapat diklasifikasikan sebagai rahasia
dagang.
2.
Hak Cipta
Adalah
pengakuan oleh undang-undang yang melindungi pencipta kekayaan intelektual dari
penggandaan hasil karyanya oleh pihak lain untuk tujuan apa pun selama usia
hidup pencipta 70 tahun setelah penciptanya meninggal dunia.
3.
Hak Paten
Memberikan
hak monopoli ekslusif kepada pemilik gagasan yang melatarbelakangi suatu
penemuan selama 20 tahun.
BAB
5 Infrastruktur TI dan Teknologi Baru
Mendefinisikan
Infrastruktur TI dan menjelaskan komponen-komponennya
Infrastruktur teknologi informasi (TI)
didefinisikan sebagai sumber daya teknologi bersama yang menyediakan platform
untuk aplikasi sistem informasi perusahaan yang terperinci. Infrastuktur TI
meliputi investasi dalam peranti keras, peranti lunak, dan layanan – seperti
konnsultasi, pendidikan, dan pelatihan – yang tersebar di seluruh perusahaan atau
tersebar di seluruh unit bisnis dalam perusahaan.
Infrastruktur TI juga merupakan
sekumpulan layanan firmwide (mencakup seluruh perusahaan) yang dianggarkan oleh
pihak manajemen dan terdiri atas kapabilitas teknis. Yang termasuk layanan
tersebut adalah :
·
Layanan telekomunikasi yang menyediakan
data, suara dan konektivitas video kepada karyawan, pelanggan dan pemasok.
·
Layanan pengaturan data yang menyimpan
dan mengelola data perusahaan dan menyediakan kemampuan untuk menganalisis
data.
·
Layanan peranti lunak aplikasi yang
menyediakan kemampuan untuk keseluruhan perusahaan seperti sistem perencanaan
sumber daya perusahaan, manajemen hubungan pelanggan, manajemen rantai pasokan
dan manajemen pengetahuan yang digunakan bersama-sama oleh seluruh unit bisnis.
·
Layanan manajemen fasilitas fisik yang
mengembangkan dan mengelola instalasi fisik yang dibutuhkan untuk layanan
komputasi, telekomunikasi dan manajemen data.
·
Layanan pendidikan TI yang menyediakan
sistem pelatihan untuk karyawan dan
melatih manajer dalam merencanakan dan mengelola investasi TI.
Mengidentifikasi
dan menjelaskan tahapan-tahapan dari evolusi infrastruktur TI
Ada lima tahap evolusi infrastruktur TI.
Infrastruktur TI tahap pertama adalah mesin akuntansi elektronik
terspesialisasi yang merupakan komputer primitif yang digunakan untuk pekerjaan
akuntansi. Infrastruktur TI dalam era mainframe terdiri atas sebuah mainframe yang melakukan
pemrosesan terpusat yang dapat dihubungkan ke ribuan terminal dan pad akhirnya
beberapa komputasi terdesentralisasi dan per departemen menggunakan komputer
mini dalam jaringan.
Mengidentifikasi
dan menjelaskan penggerak-penggerak teknologi dari evolusi infrastuktur TI
Sejumlah perkembangan teknologi telah
menggerakan transformasi berkelanjutan infrastruktur TI. Hukum Moore
menjelaskan peningkatan eksponensial dalam daya pemrosesan dan penurunan
eksponensial dalam biaya teknologi komputer, melipatgandakan daya prosesor
setiap 18 bulan sekali dam menurunkan harga komputasi setengahnya. Hukum
penyimpanan digital menjelaskan penurunan eksponensial dalam biaya penyimpanan
data , yang bunyinya : jumlah kilobyte yang dapat disimpan dalam media magnetik
dengan biaya $1menjadi dua kali lipat stiap 15 bulan.
Menilai
tren-tren platform peranti keras komputer kontemporer
Tren-tren platform peranti keras dan
peranti lunak kontemporer menjawab kebutuhan untuk mengurangi biaya
infrastruktur TI, untuk menggunakan sumber komputasi secara lebih efisien,
untuk mengintegrasikan informasi di berbagai platform dan untuk memberikan
fleksibilitas dan layanan yang baik bagi perusahaan dan para pelanggannya.
Dengan virtualisasi, sumber daya
komputasi diatur sedemikian rupa sehingga penggunaannya tidak dibatasi oleh
konfigurasi atau lokal geografis. Virtualisasi server membuat perusahaan mampu menjalankan
lebih dari satu sistem operasi pada saat bersamaan. Prosesor multicore adalah
mikroprosesor dengan dua prosesor atau lebih yang berguna untuk meningkatkan
pekerjaan, mengurangi pemakaian daya dan meningkatkan efisiensi pemrosesan
banyak tugas pada saat bersamaan.
Menilai
tren-tren platform peranti lunak komputer yang kontemporer
Tren-tren platform peranti lunak
kontemporer meliputi semakin banyaknya penggunaan linux, peranti lunak open
source dan java, peranti lunak untuk integrasi perusahaan dan outsourcing
peranti lunak. Peranti lunak open source diproduksi dan dipelihara oleh
komunitas programer global dan dapat diunduh gratis. Linux adalah sebuah sistem
operasi open source yang elastis, tangguh, yang dapat berjalan di berbagai
platform peranti keras dan digunakan secara luas untuk menjalankan server web.
Java adalah sistem operasi dan bahasa pemrograman yang tidak terpengaruh
peranti keras dan merupakan yang terbaik dalam lingkungan pemrograman
interaktif untuk web.
Mengevaluasi
tantangan dari pengelolaan infrastruktur TI dan solusi manajemen
Tantangan-tantangan infrastruktur yang
utama meliputi menghadapi perubahan infrastruktur, menyepakati manajemen dan
tatakelola infrastruktur dan melakukan investasi dalam infrastruktur secara
bijak. Petunjuk solusinya meliputi menggunakan model kekuatan kompetitif untuk
menentukan berapa banyak pengeluaran untuk infrastruktur secara bijak. Petunjuk
solusinya meliputi menggunakan model kekuatan kompetitif untuk menentukan
berapa banyak pengeluaran untuk infrastruktur TI dan dimana seharusnya
investasi strategis dalam infrastruktur dilakukan dan menghitung biaya
kepemilikan total aset teknologi informasi. Biaya total dari kepemilikan sumber
daya teknologi tidak hanya sekedar biaya peranti keras dan peranti lunak saja,
tetapi juga biaya upgrade, pemeliharaan, bantuan teknis serta pelatihan peranti
keras dan peranti lunak.
Bab 7 Telekomunikasi,
Internet dan Teknologi Nirkabel
Dalam bab ini kita terlebih dahulu dapat
memahami/mengartikan maksud dari telekomunikasi, internet dan teknologi
nirkabel.
• Telekomunikasi
Sistem Telekomunikasi adalah Kumpulan perantik keras dan lunak yang sesuai yang diatur untuk mengokunikasikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
• Internet
Internet adalah jaringan dari jaringan global menggunakan standar universal untuk menghubungkan jutaan jaringan yang berbeda. atau dengan kata lain internet berasal dari kata internetworking atau terhubungnya jaringan-jaringan terpisah, yang masing-masing memilki identitasnya sendiri, menjadi jaringan saling terhubung.
• Teknologi Nirkabel
Teknologi Nirkabel adalah jaringan system yang menggunakan kabel untuk mengakses suatu informasi.
• Telekomunikasi
Sistem Telekomunikasi adalah Kumpulan perantik keras dan lunak yang sesuai yang diatur untuk mengokunikasikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
• Internet
Internet adalah jaringan dari jaringan global menggunakan standar universal untuk menghubungkan jutaan jaringan yang berbeda. atau dengan kata lain internet berasal dari kata internetworking atau terhubungnya jaringan-jaringan terpisah, yang masing-masing memilki identitasnya sendiri, menjadi jaringan saling terhubung.
• Teknologi Nirkabel
Teknologi Nirkabel adalah jaringan system yang menggunakan kabel untuk mengakses suatu informasi.
Sebuah jaringan sederhana terdiri atas dua komputer atau
lebih yang saling terhubung. Komponen-komponen dasar jaringan adalah komputer,
penghubung jaringan, medium koneksi, perantik lunak sistem operasi jaringan,
hub atau switch.
Hub adalah perantik yang sangat sederhana yang menghubungkan komponen jaringan, mengirimkan paket data ke semua perantik yang terhubung.Sedangkan
Switch adalah perantik yang menghubungkan komponen jaringan yang lebih cerdas daripada hub dan dapat menyaring dan mengirim data ke tujuan tertentu.
Hub adalah perantik yang sangat sederhana yang menghubungkan komponen jaringan, mengirimkan paket data ke semua perantik yang terhubung.Sedangkan
Switch adalah perantik yang menghubungkan komponen jaringan yang lebih cerdas daripada hub dan dapat menyaring dan mengirim data ke tujuan tertentu.
Teknologi Utama Dalam Jaringan Digital
- Komputasi Klien/Server
adalah sebuah model komputasi terdistribusi dimana beberapa tenaga pemrosesan yang ditempatkan dalam komputer klien yang kecil dan tidak mahal dibawah kendali pengguna, dan tersimpan pada PC, Laptop atau perangkat perangkat genggam.
- Packet Switching
Packet Switching adalah teknologi yang memecah pesan menjadi paket data berukuran kecil dan mengarahkan paket tersebut seekonomis mungkin melalui jalur komunikasi yang tersedia.
- TCP/IP dan Konektivikasi
Transmission Control Protocol/ Internet Protocol (TCP/IP) adalah model dominan untuk mendapatkan konektivikasi antarjaringan berbeda yang menyediakan metode umum disetujui untuk memecah pesan digital menjadi paket, mengarahkan pesan-pesan tersebut kealamat yang tepat, dan kemudian menyamankan pesan tersebut menjadi pesan yang teratur dari sebelumnya.
- Komputasi Klien/Server
adalah sebuah model komputasi terdistribusi dimana beberapa tenaga pemrosesan yang ditempatkan dalam komputer klien yang kecil dan tidak mahal dibawah kendali pengguna, dan tersimpan pada PC, Laptop atau perangkat perangkat genggam.
- Packet Switching
Packet Switching adalah teknologi yang memecah pesan menjadi paket data berukuran kecil dan mengarahkan paket tersebut seekonomis mungkin melalui jalur komunikasi yang tersedia.
- TCP/IP dan Konektivikasi
Transmission Control Protocol/ Internet Protocol (TCP/IP) adalah model dominan untuk mendapatkan konektivikasi antarjaringan berbeda yang menyediakan metode umum disetujui untuk memecah pesan digital menjadi paket, mengarahkan pesan-pesan tersebut kealamat yang tepat, dan kemudian menyamankan pesan tersebut menjadi pesan yang teratur dari sebelumnya.
REVOLUSI
NIRKABEL
Perangkat nirkabel yang mendukung Revolusi komunikasi
nirkabel atau mobile dan komputasi meliputi:
Ponsel
Personal
digital assistant (PDA): Kecil,
komputer genggam yang menampilkan aplikasi seperti penjadwal elektronik dan
buku alamat
E-mail handheld: Jenis khusus genggam yang dioptimalkan untuk pesan teks
nirkabel
Ponsel pintar: perangkat Hybrid menggabungkan fungsi PDA dengan sebuah
ponsel digital
Layanan seluler digital menggunakan standar bersaing
beberapa yang tidak kompatibel.
Global System for Mobile Communication (GSM) adalah standar yang digunakan di Eropa dan banyak dari
sisa dunia di luar Amerika Serikat. GSM kekuatan adalah dalam kemampuan roaming
internasional.
Code Division Multiple Access (CDMA) adalah standar paling banyak digunakan di Amerika
Serikat.CDMA lebih murah dan mendukung transmisi kualitas yang lebih tinggi.
Sebagian besar sistem selular digital saat ini dapat
mengirimkan data pada tingkat berkisar 9,6-2. 384 Kbps dapat diterima untuk
email tetapi tidak untuk men-download file besar atau halaman Web.
Pesan layanan singkat (SMS) adalah pesan teks layanan yang digunakan oleh beberapa
sistem telepon seluler digital untuk mengirim dan menerima pesan singkat
alfanumerik.
Jaringan 2.5G menggunakan upgrade ke infrastruktur seluler yang ada dan tingkat fitur transmisi data berkisar antara 30 sampai 144 Kbps.
Jaringan selular yang lebih kuat yang disebut generasi ketiga (3G) jaringan memiliki kecepatan transmisi mulai dari 384 Kbps untuk pengguna ponsel di, katakanlah, mobil, untuk lebih dari 2 Mbps untuk pengguna stasioner, cukup untuk download media yang kaya.
Jaringan 2.5G menggunakan upgrade ke infrastruktur seluler yang ada dan tingkat fitur transmisi data berkisar antara 30 sampai 144 Kbps.
Jaringan selular yang lebih kuat yang disebut generasi ketiga (3G) jaringan memiliki kecepatan transmisi mulai dari 384 Kbps untuk pengguna ponsel di, katakanlah, mobil, untuk lebih dari 2 Mbps untuk pengguna stasioner, cukup untuk download media yang kaya.
Ada juga beberapa standar dan teknologi telepon seluler
yang mengatur bagaimana akses Internet dan World Wide Web.
Wireless Application Protocol (WAP) adalah sistem protokol dan teknologi yang memungkinkan
ponsel dan perangkat nirkabel lain dengan layar tampilan kecil,
rendah-bandwidth koneksi, dan memori minimal untuk mengakses layanan Web.
Microbrowser adalah sebuah browser internet yang bekerja dengan
kendala memori rendah dan kebutuhan bandwidth rendah perangkat genggam nirkabel
dan menggunakan WML (Wireless Markup Language). Permintaan dibuat untuk gateway
WAP yang diterjemahkan konten HTML ke WML untuk klien WAP untuk menerimanya.
I-mode adalah
layanan nirkabel yang ditawarkan oleh Jepang NTT DoCoMo jaringan ponsel yang
menggunakan HTML kompak bukan WML untuk memberikan konten.
Jaringan sensor nirkabel (WSNs) adalah jaringan dari ratusan atau ribuan perangkat
nirkabel saling berhubungan, atau node, yang tertanam ke dalam lingkungan fisik
untuk menyediakan pengukuran banyak titik di ruang besar. Mereka didasarkan
pada perangkat dengan built-dalam pengolahan, penyimpanan, dan sensor frekuensi
radio dan antena. Kedua perangkat tersebut terhubung ke jaringan interkoneksi
dimana data yang diarahkan mulus antara semua node dan diteruskan ke komputer
untuk analisis. Jaringan sensor nirkabel yang berharga dalam bidang-bidang
seperti pemantauan perubahan lingkungan, pemantauan kegiatan lalu lintas atau
militer, melindungi properti, efisien operasi dan mengelola mesin dan
kendaraan, menetapkan batas-batas keamanan, pemantauan manajemen rantai
pasokan, atau mendeteksi kimia, biologi, atau bahan radiologi.
Bab 8 Melindungi Sistem Informasi
Sistem informasi perlu dilindungi dari perusakan, kesalahan
dan penyalahgunaan.
Sebelumnya kita mengerti arti dari sistem informasi itu apa. Sistem informasi (information system) merupakan komponen yang saling terkait yang berkerja sama untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyebarkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, koordinasi, pengendalian, analisis, dan visualisasi dalam organisasi.
Apabila kita mengoperasikan bisnis tiap hari, maka kita harus menempatkan pengamanan dan pengendalian sebagai prioritas utama.
- Pengamanan merujuk pada kebijakan, prosedur, dan pengukuran teknik yang digunakan untuk mencegah akses yang tidak sah, penggantian, pencurian, atau kerusakan fisik pada sistem informasi.
- Pengendalian terdiri atas semua metode, kebijakan, dan prosedur organisasi yang menjamin keselamatan asset-aset organisasi; ketepatan dan keandalan catatan rekeningnya; serta kepatuhan operasional pada standar-standar manajemen.
Sebelumnya kita mengerti arti dari sistem informasi itu apa. Sistem informasi (information system) merupakan komponen yang saling terkait yang berkerja sama untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyebarkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, koordinasi, pengendalian, analisis, dan visualisasi dalam organisasi.
Apabila kita mengoperasikan bisnis tiap hari, maka kita harus menempatkan pengamanan dan pengendalian sebagai prioritas utama.
- Pengamanan merujuk pada kebijakan, prosedur, dan pengukuran teknik yang digunakan untuk mencegah akses yang tidak sah, penggantian, pencurian, atau kerusakan fisik pada sistem informasi.
- Pengendalian terdiri atas semua metode, kebijakan, dan prosedur organisasi yang menjamin keselamatan asset-aset organisasi; ketepatan dan keandalan catatan rekeningnya; serta kepatuhan operasional pada standar-standar manajemen.
Dengan
terkonsentrasinya data dalam bentuk elektronik dan berbagai prosedur yang tidak
tampak lagi karena otomatisasi proses, sistem informasi computer rentan
terhadap perusakan, penyalahgunaan, kesalahan (error), kecurangan, dan gangguan
perantik keras dan perantik lunak.
Sistem-sistem perusahaan yang menggunakan Web khususnya sangat rentan karena Web di rancang sebagai sistem yang dapat diakses oleh semua orang dan membuat sistem perusahaan lebih mudah mendapat serangan dari pihak luar.
Para hacker melalui berbagai tipu musibah dapat mengakses data yang mengalir dalam jaringan, mencuri data yang penting selama pengiriman, atau mengubah pesan tanpa izin. Internet dan jaringan lainnya sangat rentan terhadap gangguan yang berasal dari radiasi. Penyusup dapat menlancarkan serangan penolakan layanan (DoS) atau perantik lunak berbahaya yang bertujuan dapat menganggu ataupun kekacauan serius pada sistem.
Wi-Fi merupakan standar untuk jaringan nirkabel dan merujuk kekelompok 802.11 dari standar nirkabel. Jaringan Wi-Fi dengan mudah dapat disusupi penyelundup menggunakan program sniffer unuk mendapatkan sebuah alamat sebagai sumber akses jaringan.
Sistem-sistem perusahaan yang menggunakan Web khususnya sangat rentan karena Web di rancang sebagai sistem yang dapat diakses oleh semua orang dan membuat sistem perusahaan lebih mudah mendapat serangan dari pihak luar.
Para hacker melalui berbagai tipu musibah dapat mengakses data yang mengalir dalam jaringan, mencuri data yang penting selama pengiriman, atau mengubah pesan tanpa izin. Internet dan jaringan lainnya sangat rentan terhadap gangguan yang berasal dari radiasi. Penyusup dapat menlancarkan serangan penolakan layanan (DoS) atau perantik lunak berbahaya yang bertujuan dapat menganggu ataupun kekacauan serius pada sistem.
Wi-Fi merupakan standar untuk jaringan nirkabel dan merujuk kekelompok 802.11 dari standar nirkabel. Jaringan Wi-Fi dengan mudah dapat disusupi penyelundup menggunakan program sniffer unuk mendapatkan sebuah alamat sebagai sumber akses jaringan.
Perantik Lunak Berbahaya : Virus, Worm, Trojan Horse, Dan Spyware.
Malware adalah program perantik lunak yang berbahaya meliputi berbagai jenis ancaman seperti virus komputer, worm, dan Trojan horse. Untuk itu kita terlebih dahulu dapat mengetahui arti ataupun pengertian dari virus-virus yang berbahaya dalam perantik lunak tersebut antara lain sebagai berikut.
- Virus komputer adalah program aplikasi yang bertujuan untuk dijalankan yang terhubung dengan sendirinya dengan program aplikasi perantik lunak lainya atau data, sering menyebabkan perantik keras dan lunak tidak berfungsi dengan baik. Dengan kata lain program perantik lunak berbahaya yang menempelkan dirinya ke program lainnya atau file data untuk dieksekusi, biasanya tanpa sepengetahuan atau seizing pengguna.
- Worm adalah program perantik lunak yang menyebar dengan sendirinya untuk mengganggu operasional jaringan komputer atau menghancurkan data dan program lainnya.
- Trojan Horse adalah program perantik lunak yang tampaknya tidak berbahaya tapi justru berbuat sesuatu yang tidak diperkirakan.
- Spyware adalah teknologi yang membantu mengumpulkan informasi tentang seseorang atau organisasi tanpa sepengetahuan mereka. Program kecil ini memasang diri secara sembunyi-sembunyi di komputer untuk memantau kegiatan penelusuran web oleh pengguna komputer dan untuk memunculkan iklan.
Virus Komputer dan Worm dapat merajalela dari satu sistem ke sistem lain, memakan memori computer atau menghancurkan program dan data komputer.
Malware adalah program perantik lunak yang berbahaya meliputi berbagai jenis ancaman seperti virus komputer, worm, dan Trojan horse. Untuk itu kita terlebih dahulu dapat mengetahui arti ataupun pengertian dari virus-virus yang berbahaya dalam perantik lunak tersebut antara lain sebagai berikut.
- Virus komputer adalah program aplikasi yang bertujuan untuk dijalankan yang terhubung dengan sendirinya dengan program aplikasi perantik lunak lainya atau data, sering menyebabkan perantik keras dan lunak tidak berfungsi dengan baik. Dengan kata lain program perantik lunak berbahaya yang menempelkan dirinya ke program lainnya atau file data untuk dieksekusi, biasanya tanpa sepengetahuan atau seizing pengguna.
- Worm adalah program perantik lunak yang menyebar dengan sendirinya untuk mengganggu operasional jaringan komputer atau menghancurkan data dan program lainnya.
- Trojan Horse adalah program perantik lunak yang tampaknya tidak berbahaya tapi justru berbuat sesuatu yang tidak diperkirakan.
- Spyware adalah teknologi yang membantu mengumpulkan informasi tentang seseorang atau organisasi tanpa sepengetahuan mereka. Program kecil ini memasang diri secara sembunyi-sembunyi di komputer untuk memantau kegiatan penelusuran web oleh pengguna komputer dan untuk memunculkan iklan.
Virus Komputer dan Worm dapat merajalela dari satu sistem ke sistem lain, memakan memori computer atau menghancurkan program dan data komputer.
Kejahatan Komputer dan Terorisme Maya.
1. Pencurian Identitas adalah : Pencurian bagian kuncul dari informasi pribadi atau kejahatan di mana seorang penipu mendapatkan informasi yang penting, seperti kartu kredit atau nomor jaminan sosial dengan tujuan mendapatkan layanan atas nama korban atau untuk mendapatkan data rahasia yang tidak tepat. Pencurian identitas telah berkembang pesat di internet. file kartu kredit adalah sasaran utama para hacker situs web. Situs e-commerce adalah sumber informasi pribadi yang luar biasa karena menyimpan nama, alamat, dan nomor telepon.
Phising adalah bentuk penipuan melibatkan pembuatan halaman situs palsu atau pesan elektronik (e-mail) seolah-olah berasal dari pihak yang sah dan menanyakan data pribadi yang rahasia.
Pharming adalah Teknik phising yang mengarahkan pengguna ke halaman situs web palsu, bahkan saat seseorang mengetikkan alamat halaman situs yang seharusnya.
2. Click Fraud (penipuan lewat klik) adalah : mengklik dengan curang iklan online berbayar untuk mengahasilkan biaya per klik yang tak semestinya. Penipuan lewat klik terjadi seseorang atau program computer dengan curang mengeklik sebuah iklan online tanpa maksud mempelajari lebih lanjut tentang pemasangan iklannya atau melakukan pembelian.
3. Terorisme maya dan perang maya , semakin besar perhatian difokuskan pada kerentanan internet arau jaringan lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh teroris, badan intel luar negeri atau kelompok lain untuk menciptakan gangguan dan bahaya luas. Serangan maya seperti itu sasaranya mungkin berupa perantik lunak yang menjalankan pembagian listrik, mengendalikan lalu lintas udara atau jaringan bank-bank aatau institusi keunagan besar.
1. Pencurian Identitas adalah : Pencurian bagian kuncul dari informasi pribadi atau kejahatan di mana seorang penipu mendapatkan informasi yang penting, seperti kartu kredit atau nomor jaminan sosial dengan tujuan mendapatkan layanan atas nama korban atau untuk mendapatkan data rahasia yang tidak tepat. Pencurian identitas telah berkembang pesat di internet. file kartu kredit adalah sasaran utama para hacker situs web. Situs e-commerce adalah sumber informasi pribadi yang luar biasa karena menyimpan nama, alamat, dan nomor telepon.
Phising adalah bentuk penipuan melibatkan pembuatan halaman situs palsu atau pesan elektronik (e-mail) seolah-olah berasal dari pihak yang sah dan menanyakan data pribadi yang rahasia.
Pharming adalah Teknik phising yang mengarahkan pengguna ke halaman situs web palsu, bahkan saat seseorang mengetikkan alamat halaman situs yang seharusnya.
2. Click Fraud (penipuan lewat klik) adalah : mengklik dengan curang iklan online berbayar untuk mengahasilkan biaya per klik yang tak semestinya. Penipuan lewat klik terjadi seseorang atau program computer dengan curang mengeklik sebuah iklan online tanpa maksud mempelajari lebih lanjut tentang pemasangan iklannya atau melakukan pembelian.
3. Terorisme maya dan perang maya , semakin besar perhatian difokuskan pada kerentanan internet arau jaringan lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh teroris, badan intel luar negeri atau kelompok lain untuk menciptakan gangguan dan bahaya luas. Serangan maya seperti itu sasaranya mungkin berupa perantik lunak yang menjalankan pembagian listrik, mengendalikan lalu lintas udara atau jaringan bank-bank aatau institusi keunagan besar.